Resensi Dark Matter ~ Blog Gopong

Resensi Dark Matter

Sumber Photo : googreads.com
                                                     
Judul : Dark Matter
No. ISBN : 9786023851850
Penulis : Blake Crouch
Tanggal terbit : April - 2017
Jumlah Halaman : 476
Kategori : Sience-Fiction, Thriller, Mystery, Romance
Text Bahasa : Indonesia

Blurb

Apa kau bahagia dengan hidupmu?
Pernahkah kau bertanya-tanya bagaimana jika seandainya kau mengambil pilihan yang berbeda?

Suatu malam, tanpa firasat apa pun. Jason Dessen diculik dan sesuatu disuntikkan ke tubuhnya. Dia mendapati dirinya terbangun di dunia yang berbeda. Di sana istrinya bukanlah istrinya dan anaknya tak pernah terlahir sama sekali. Di sana dia bukanlah dosen fisika biasa, melainkan genius terkenal yang telah melakukan hal-hal istimewa. Di sana segalanya tampak sama, sekaligus berbeda. Ke mana kehidupannya yang lama? Bagaimana caranya agar dia bisa kembali?

Hanya itulah yang Jason inginkan: kembali ke keluarga yang dicintainya, tempat dia merasa bahagia. Namun, perjalanan menuju ke sana demikian berliku dan menakutkan, melebihi imajinasi terliarnya sekalipun. 

●●●●●●●●●●●

Pada suatu malam ketika berjalan pulang kerumahnya Jason Dessen diculik. Jason dibawa ke tempat pembangkit listrik terbelengkalai oleh seorang pria yang mengenakan topeng geisha. Penculik tersebut menyuntikan cairan ke tubuh Jason sehingga dia tidak sadar diri. Keesokannya Jason terbangun dan ditemukan pada sebuah hanggar. Dia tidak mengenal tempat tersebut tetapi orang-orang disitu mengenal dirinya. Bahkan mereka telah menunggu 14 bulan untuk kepulangan dirinya. Jason lalu dibawa oleh Leighton ke suatu tempat untuk menetralisir tubuhnya dari radiasi. Jason berusaha mengingat apa yang terjadi dengan dirinya dan mengingat dimana dirinya. Tapi orang-orang malah menganggap dia gila atau hilang ingatan.

“Kita meninggalkan hidup ini dengan cara sama kita memasukinya----benar-benar sendirian, sepi”. Hal 19

“Malam dingin, dan angin sepoi yang datang dari danau meniup pepohonan, mengirim guguran daun-daun ke lapangan”. Hal 67

Akhirnya Jason berhasil kabur dari laboraturium Velocity dan kembali ke rumahnya. Tapi keanehan tetap terjadi. Rumah dan isi-isinya bukanlah rumah yang ditinggalkannya kemarin malam. Ada banyak sekali perbedaan didalamnya. Dia juga tidak mendapati anak dan istrinya dirumah tersebut. Pada suatu malam akhirnya Jason berhasil menemukan Daniela, istrinya. Dan keanehan kembali terjadi, Daniela mengungkapkan kalau dia tidak pernah menikah dengan Jason dan anaknya Charlie tidak pernah lahir kedunia. Tapi daniela tetap percaya dengan apa yang dikatakan Jason.

“Rumahku seharusnya adalah tempatku pulang, tempat yang aman dan nyaman, tempatku dikelilingi oleh keluarga. Namun, ini bahkan bukan milikku”. Hal 74

Ditengah pelariannya, Leighton berhasil menemukan Jasson dan membawa kembali Jasson ke Laboraturium Velocity. Berkat bantuan Amanda akhirnya Jasson berhasil kabur dan masuk kesebuah kotak multidimensi. Bersama Amanda dimulailah perjalanan Jasson melintasi berbagai macam kehidupan dirinya dikehidupan lain demi dapat kembali pada kehidupannya yang telah lama dia rindukan. Mampukah Jasson kembali kekehidupan dia yang sebenarnya dan bersatu lagi dengan keluarganya? Yuk baca Dark Matter secepatnya.

“Tersesat di dunia yang bukan milikmu adalah satu hal. Mengetahui bahwa kau telah digantikan di duniamu sendiri adalah hal lain”. Hal 197

●●●●●●●●●●

Wow!!! Ini adalah buku yang luar biasa.
Sebuah buku yang bagus adalah yang meninggalkan kesan dihati pembaca. Dan buku ini termasuk salah satunya. Meninggalkan kesan bagi saya. Bahkan, setelah beberapa hari selesai membacanya saya masih kepikiran bahkan belum bisa lepas dari plot-plot yang ada dibuku ini.

Pada halaman awal buku ini sudah terasa aroma mencekamnya, ketika Jason diculik oleh seseorang yang memakai topeng Geisha. Bahkan menurut saya dari awal hingga akhir nuansa thrillernya benar-benar terasa mencekam. Buku ini memakai sudut pandangan orang pertama. Tapi ada beberapa bab yang memakai sudut pandang serba tahu (kalo ga salah dua bab). Gaya terjemahan pada buku ini menurut saya cukup bagus dan mudah dipahami. Ceritanya benar-benar mengalir dan selama saya membaca buku ini sepertinya saya hanya menemukan satu typo dan itu tidak mengganggu sama sekali.
Narasai dan plot yang dibangun Blake Crouch didalam buku ini menurut saya tidak membosankan. Walaupun latar yang disajikan dalam buku ini bisa dibilang tidak masuk akal, tapi menurut saya disinilah letak keseruan buku ini. Fantasi liar kita dibawa jauh merasakan kejadian-kejadian mencekam yang dialami Jasson.  Selama membaca buku ini saya dibuat penasaran dari halaman satu kehalaman lainnya. Sehingga membuat saya enggan untuk berhenti membaca buku yang masuk kategori #1 New York Time Best Seller ini.

Saya sangat suka dengan tokoh Jason Dessen (Jason asli) disini. Dia digambarkan sebagai sosok yang cerdas tapi sederhana, tidak mudah menyerah, dan sangat mencintai keluarganyha. Walaupun saya mengagumi sosok Jason Dessen, saya malah tidak suka dengan tokoh Jason2 disini. Karakternya digambarkan seolah-olah dia sosok yang arogan.

Untuk penilaian saya kasih 5/5 star untuk novel yang benar-benar membuat saya sangat terkesan ini, dan saya merekomendasikan untuk meminjam membaca novel ini. Sedangkan untuk kekurangan novel ini, saya rasa tidak perlu dibahas karena saya tidak memperhatikan kekurangan pada novel ini karena terlalu banyak hal-hal yang menurut saya sangat bagus didalamnya. Mungkin kekurangannya hanya pada sampul yang menurut saya terlalu tipis.














Previous
Next Post »
Thanks for your comment

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER