Tentang Kamu - Tere Liye



Judul Buku : Tentang Kamu
Penulis : Tere Liye
Cetakan I : Oktober 2016
Penerbit : Republika
ISBN : 6020822346
 Bahasa : Indonesia
Halaman : 524




Terima kasih untuk kesempatan mengenalmu, itu adalah salah satu anugerah terbesar hidupku. Cinta memang tidak perlu ditemukan, cintalah yang akan menemukan kita. 

Terima kasih. Nasihat lama itu benar sekali, aku tidak akan menangis karena sesuatu telah berakhir, tapi aku akan tersenyum karena sesuatu itu pernah terjadi. 

Masa lalu. Rasa sakit. Masa depan. Mimpi-mimpi semua akan berlalu, seperti sungai yang mengalir. Maka biarlah hidup ku mengalir seperti sungai kehidupan.

⃝⃝⃝⃝⃝⃝⃝⃝⃝⃝⃝⃝⃝⃝⃝⃝

Bagi penggemar Darwis Tere Liye tentu sudah tidak asing lagi dengan novelnya yang berjudul "Tentang Kamu". Salah satu novel best seller yang diluncurkan akhir tahun 2016 ini memiliki jalan cerita yang bagus, menyentuh, dan banyak pesan moral yang termuat didalamnya. khas seperti karya-karya Tere Liye yang lainnya. Novel ini memiliki setting dibeberapa tempat antara lain London, Pulau Bungin (Sumbawa), Surakarta, Jakarta, dan London. 

Novel Tentang Kamu ini mengisahkan tentang Zaman Zulkarnain, seorang pengacara asal Indonesia yang bekerja sebagai junior associate pada sebuah firma hukum ternama di pusat Kota London. Pada tahun kedua Zaman bekerja pada firma tersebut, dia mendapat tugas untuk menyelesaikan kasus pembagian harta warisan dari seorang wanita yang tinggal di panti jompot di Kota Paris. Tak tanggung-tanggung, harta warisan tersebut bernilai satu miliar pounsterling atau setara dengan 19 triliun rupiah melebihi kekayaan Ratu Inggris. Wanita tersebut bernama Sri Ningsih, seorang wanita Indonesia. Tak banyak petunjuk yang diperoleh zaman, hanya sebuah buku harian yang dia dapat dari panti jompo. Melalui buku harian tersebut dimulailah perjalanan Zaman mencari ahli waris yang kemungkinan masih hidup. Dimulai dari Pulau Bungin, tempat kelahiran Sri Ningsih. Tetapi tidak mudah bagi Zaman mencari jejak Sri Ningsih di Pulau tersebut, karena rentang waktu yang sudah cukup lama. 

Didalam perjalanan Zaman mencari jejak ahli waris Sri Ningsih yang lintas negara bahkan lintas benua. Banyak pelajaran yang didapat zaman dari seorang Sri Ningsih. Diantanya kerja keras dan memaafkan kesalahan orang lain yang telah menkhianatinya. Berhasilkah Zaman mendapatkan ahliwaris dari Sri Ningsih? atau Zaman malah menyerah karena minimnya jejak dari seorang Sri Ningsih? Lalu apakah warisan tersebut malah jatuh ketangan orang yang tidak tepat? silahkan beli dan baca novel "Tentang Kamu" yang memiliki ending yang mengejutkan. 

Selama membaca novel ini, saya sepertinya tidak ingin menaruh novel ini dimeja dan menyudahinya walaupun mata terasa sedikit pegal. Bab demi bab mampu membuat saya penasaran. Pertanyaan demi pertanyaan pun bermunculan. Apa yang selanjutnya yang terjadi pada tokoh Sri. Secara keseluruhan novel ini sangat-sangat bagus. Banyak sekali motivasi dan pesan sosial yang bisa diambil didalamnya, dan bagi yang gampang terharu dianjurkan mempersiapkan tisu. Novel ini memakai alur maju mundur. Tapi, Tere Liye menyajikannya sangat bagus, tidak membingungkan pembaca. Saya sangat terkesan dengan karakter Sri Ningsih disini. Jika dia ada didunia nyata, maka dialah sang wonder women sejati. Didalam novel ini banyak sekali memuat kisah-kisah sejarah seperti salah satunya tentang pemberontakan G-30 S/PKI, karena novel ini sendiri bersetting tahun 1940-an sampai masa sekarang. Dan untuk novel ini saya kasih 5 star karena benar-benar membuat saya terkesan selama membacanya.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER